Pendidikan dan Pengajaran

blogger templates
 Pendidikan dan Pengajaran
     Sebelumnya saya ucapkan  terima kasih sahabat yang telah menyempatkan mampir ke blog yang sederhana ini;
selanjutnya di edisi kali ini saya akan mencoba dua kata kunci di atas terkait bidang edukasi (Pendidikan) khususnya Pendidikan di Indonesia baik Formal maupun Non Formal.
Kedua kata di atas (Pendidikan dan Pengajaran-red) merupakan kata benda yang diambil dari kata Didik dan Ajar. Pendidikan berarti sebuah sistem yang mengatur kinerja sebuah Pola Pendidikan dimana di dalamnya terdapat beberapa komponen yang terdiri dari Subjek Pendidikan, Predikat Pendidikan, Objek Pendidikan (SPO Pendidikan), jika semua komponen tersebut bisa sinergi satu sama lainnya, maka akan menghasilkan sebuah Pendidikan yang berkualitas sama halnya dengan sebuah kalimat jika sudah terdapat Subjek-Predikat-Objek, maka akan menghasilkan sebuah kalimat yang sempurna; tentunya sahabat ingat waktu duduk di bangku sekolah contoh : "saya menulis artikel " (saya = subjek, menulis = Predikat, artikel = Objek); atau bagi sahabat yang pernah mengenyam Pendidikan di Pesantren tentunya kita kenal dengan yang namanya Fi'il-Fa'il dan Maf'ul.contoh : "Nashara Zaidun 'Amran " (nashara = fi'il, zaidun = fa'il , 'amran = maf'ul) artinya Zaid telah menolong Umar.
Begitupun dengan Pendidikan jika semua komponen di atas sudah bisa bersatu, maka bisa terlaksana sebuah Pendidikan yang sempurna.
Lalu apa saja yang termasuk Subjek Pendidikan, Predikat Pendidikan, Objek Pendidikan (SPO Pendidikan)
A.Subjek Pendidikan terdiri dari Tenaga Pendidik di dalamnya bisa Guru, Ustadz, Orang tua ataupun Sahabat
B.Predikat Pendidikan terdiri dari pola penanaman Pendidikan dengan cara memberikan contoh atau suri tauladan, teguran ataupun tindakan yang mengarah kedalam Pendidikan itu sendiri
C. Objek Pendidikan terdiri dari siswa, mahasiswa/ pelajar, santri, anak
dari ketiga komponen di atas, bagaimana caranya agar cita-cita Pendidikan di Indonesia ini bisa benar-benar berkualitas bukan hanya sekedar kamoflase belaka?
tentunya kita ambil contoh ketika membuat kue yang enak dan lezat tentunya yang harus kita persiapkan adalah bahan baku yang berkualitas, kemudian tenaga ahli dalam memasaknya. sama halnya dengan Pendidikan di Indonesia pun mulai dari Subjek Pendidikannya kita jadikan tenaga Pendidik yang benar-benar berkualitas, berdedikasi tinggi, tanggung jawab, serta bisa menjadi suri tauladan bagi anak didiknya.
Predikat Pendidikannya mungkin membutuhkan pembaharuan mengikuti zaman dan ruang lingkup anak didik dengan menerapkan pola-pola Pendidikan yang telah baku seperti dengan memanfaatkan teknologi dan informasi agar tidak terjadi penyalahgunaan teknologi contohnya.
Objek Pendidikan yang terdiri dari siswa, mahasiswa/ pelajar, santri, anak kita berikan pendidikan yang bermanfaat dan bermartabat dengan adanya GDN (Gerakan Disiplin Naional) misalnya itu merupakan upaya Pemerintah dalam mensukseskan Pendidikan Nasional yang berkualitas.

Lalu apa dengan Pengajaran ??
Pengajaran merupakan materi-materi yang berkaitan dengan Pendidikan itu sendiri sehingga jika kita timbang antara Pendidikan dan Pengajaran mungkin tanggung jawabnya jauh lebih berat Pendidikan dari Pada Pengajaran yang jelas keduanya saling keterkaitan satu sama lain.
Sekian dan terima kasih
semoga bermanfaat..
salam sukses dari:
http//:abimkazama2.blogspot.com . 

0 Response to "Pendidikan dan Pengajaran"

Posting Komentar