PEMBINAAN HISAB RUKYAT 2016

blogger templates
PEMBINAAN HISAB RUKYAT 2016
SE-KOTA TASIKMALAYA
Dinamika Perbedaan Penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal

Tasikmalaya, 18 Mei 2016
Aula Kemenag Kota Tasikmalaya


http://abimkazama2.blogspot.com
    Bulan Ramadhan tinggal 20 Hari lagi, Suasana bulan Ramadhan Sudah bisa mulai dirasakan di berbagai sektor kehidupan, mulai dari perekonomian, pendidikan, peribadatan, dan tentunya penentuan tanggal 1 Ramadhan 1437 H yang hampir disetiap tahun mengalami Dinamika perbedaan dalam penentuan tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal sehingga menjadi warna tersendiri di kalangan masyarakat muslim Indonesia, terutama bagi mereka yang awam yang pada akhirnya mereka hanya ikut-ikutan saja.

Tujuan diadakannya pembinaan Hisab dan Rukyat ini adalah untuk memberikan pencerahan serta wawasan tentang bagaimana tekhnis dalam penentuan tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal khususnya bagi para tokoh Agama Islam, dan Pimpinan Pesantren serta Pemerintah yang berwewenang dan disini adalah Kementerian Agama tentunya yang berperan aktif yang didukung oleh para alim Ulama serta tokoh agama Islam.
Hal ini juga bertujuan untuk menyamakan persefsi antara Kajian Ilmu Agama dengan bantuan alat tekhnologi sehingga adanya sinkronisasi antara Ilmu Agama yang bersumber dari karangan para Ulama dengan tekhnologi yang digunakan dan tentunya hal ini membutuhkan kerjasama berbagai pihak.

Kemudian, tujuan dari pembinaan ini adalah untuk meminimalisir perbedaan yang mencolok pada saat penentuan tanggal 1 baik Bulan Ramadhan maupun 1 Syawal sehingga masyarakat tidak akan  merasa bingung dalam melaksanakan ibadah menjelang Puasa maupun Idul Fitri nanti.
Dalam hal ini juga Pondok Pesantren membrikan kontribusi yang cukup besar dalam melaksanakan pembinaan Hisab Rukyat ini meskipun tidak semua Pondok Pesantren menyelenggarakan kajian tentang ilmu Hisab dan Rukyat, namun ada beberapa Pondok Pesantren yang menyelenggarakan Pembinaan Hisab Rukyat dengan membuka layanan DIKLAT Hisab dan Rukyat untuk semua kalangan.

Sedangkan Peran Pemerintah dalam pembinaan Hisab Rukyat ini adalah mengolah semua sumber ilmu yang ada kemudian menetapkan serta mempublikasikan kepada seluruh warga masyarakat khususnya yang ada di Kota Tasikmalaya.
Pembinaan Hisab Rukyat se-Kota Tasikmalaya ini mendapat sambutan hangat dari kalangan Pesantren meskipun tidak seluruh Pesantren dapat menghadiri acara ini.  
Saya atas nama pribadi merasa bersyukur atas diselenggarakannya Pembinaan Hisab Rukyat ini, meskipun tidak seluruhnya materi bisa di dapatkan. Mudah-mudahan dilain kesempatan dapat diselenggarakan kembali pembinaan Hisab Rukyat ini dengan lebih baik lagi.
Semoga semua pengorbanan kita semua mendapatkan pahala dari Alloh swt serta mendapatkan keridloan-Nya, amiiin.     

0 Response to "PEMBINAAN HISAB RUKYAT 2016"

Posting Komentar