6 KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR MUSLIM

blogger templates
6 KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR MUSLIM
Nabi Muhammad SAW adalah uswah hasanah (suri tauladan yang baik) bagi umat islam, sejak masa mudanya, beliau telah melakukan kegiatan wirausaha. Bersama pamannya Abu Thalib, beliau berwirausaha dalam bidang perdagangan, bukan hanya di daerah Mekkah, namun sampai ke Luar daerah bahkan ke beberapa negeri lain. Beliau terkenal sebagai pedagang yang profesional, jujur dan terpercaya sehingga mitra bisnisnya merasa puas dan saling memperoleh keuntungan.

Sebagai entrepreneur muslim seharusnya selalu berusaha meneladani sifat, sikap dan karakter beliau dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya dalam hal ibadah saja, akan tetapi dalam kegiatab berwirausaha pun demikian.
Adapun 6 Karakter entrepreneur muslim yang akan membedakan dengan entrepreneur lainnya adalah sebagai berikut :
1.      Selalu menjaga nilai-nilai agama

Seorang entrepreneur muslim harus selalu menjaga dan menerapkan nilai-nilai ahlakul karimah dalam berbisnis, seperti : selalu ramah, jujur, amanah, husnudzan. Dengan demikian maka orang lain pun akan senag untuk bermitra dan berbisnis dengannya, bukan karena dia sebagai juragan atau majikan yang kaya, bukan pula karena keuntungan materi semata yang akan diperoleh, tetapi karena kejujuran dan amanahnya. Kemitraan yang didasari nilai-nilai agama, insya Allah akan lebih terjalin dengan baik dan berjangka panjang.
2.      Senang memberi manfaat pada orang lain
http//:abimkazama2.blogspot.comSeorang muslim  yang telah berhasil dalam usahanya, semakin kaya dan semakin banyak mitra usahanya, maka akan merasa senang karena semakin banyak orang yang ikut menikmati keberhasilannya. Dan inilah bisnis yang profesional menurut islam.
3.      Selalu bersikap adil dalam berbisnis
Adil disini bukan berarti sama rata, akan tetapi yang dimaksud dengan adil disini adalah memberikan haknya secara proporsional. Bersikap adil berarti juga selalu berusaha memberi kepuasan kepada semua orang, tidak ada yang didzolimi atau dirugikan. Keuntungan bukan hanya untuk kita, tetapi juga untuk orang lain. Pebisnis muslim, bukan hanya memikirkan kepuasan pribadi, tetapi juga kepuasan mitra bisnisnya ataupun langganannya.
4.      Selalu inovatif dan kreatif dalam berbisnis
Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah, maka seorang entrepreneur muslim diharuskan selalu bersikap inovatif dan kreatif serta berorientasi ke depan. Kecerdikan dalam melihan trend masyarakat, dan kecepatan menangkap peluang adalah solusi untuk memelihara kelangsungan usahanya.
5.      Selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya
Hampir pasti bahwa orang yang sukses dalam berbisnis adalah mereka yang pandai memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kesempatan dan peluang bisnis sering tidak datang dua kali dan terulang, karena itu waktu yang tersedia jangan sampai disia-siakan. Sering orang menyesal dan merasa rugi karena kurang cermat dalam memanfaatkan kesempatan. Banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memperingatkan tentang nilai suatu waktu, dan akibat buruknya bila tidak memanfaatkan waktu, tetapi justru umat Islam sering terlena membuang-buang waktu.
6.      Menjalin kerjasama dengan pihak lain
Sebagai wujud dari makhluk sosial, manusia perlu menjalin kerjasama untuk mewujudkan tujuan bersama. Kerjasama merupakan penggabungan banyak kekuatan sehingga pekerjaan berat menjadi lebih ringan dan yang sulit menjadi lebih mudah. Hendaknya pengusaha muslim berpikir bagaimana agar keuntungan dapat dimiliki secara bersama-sama. Semakin banyak yang memperoleh keuntungan akan semakin baik.
Kunci awal dalam menjalin kerjasama adalah aspek kejujuran dan keadilan bagi para pelaku transaksi. Antara sesama rekan berusaha merasa senang, antara penjual dan pembeli merasa senang, antara pekerja dengan majikan merasa senang, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dan didzalimi. Kerjasama yang berlandaskan iman dan taqwa akan melahirkan sikap profesionalisme dan amanah. Dari situlah akan memperkecil peluang kecurangan dan pengkhianatan yang melenceng dari etika berbisnis.

Dengan memiliki dan mengamalkan beberapa sifat dan etika tersebut dalam kegiatan usaha kita, insya Allah kita akan memperoleh limpahan rizki yang banyak dan berkah. Keberkahan rizki akan menyuburkan berbagai kebaikan dalam diri kita, keluarga kita dan masyarakat kita.
Demikian artikel 6 Karakter entrepreneur muslim ini disusun, semoga bisa bermanfaat bagi setiap yang membacanya, amiin.

0 Response to "6 KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR MUSLIM"

Posting Komentar